Apa Itu Pemrogramaan Web ?


Pemrograman web 


    Diambil dari 2 suku kata yaitu Pemrograman dan Web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program.

    Definisi Web : Jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.




Jenis- Jenis Web Di Lihat Dari Segi Konten

   1. Website Statis

       Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.

  2. Website Dinamis

       Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman.

Manfaat web untuk pendidikan ?

       Sebagai media promosi sekolah (meningkatkan prestise sekolah) yang menonjolkan kelebihan sekolah baik sarana maupun aktivitas pembelajarannya.
  1. Sebagai media komunikasi elektronik baik antar sekolah, instansi dan lembaga swasta lainnya. Dalam hal ini web sekolah sebagai media interaktif berupa sumbang saran, kesan dan pesan, surat elektronik ataupun media silaturahmi antara para pendidik, siswa, alumni, orang tua dan masyarakat sekitar.
  2. Mempercepat penyampaian informasi baik antar sekolah, instansi ataupun orang tua (masyarakat).
  3. Para pendidik dapat menyalurkan ilmunya di media web sekolah.
  4. Sebagai media pembelajaran alternatif (variasi pembelajaran sehingga tidak membosankan).
  5. Sebagai media pembelajaran alternatif keberadaan website sekolah memungkinkan untuk terjadinya proses e-learning atau pembelajaran melalui internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif, dimana informasi-informasi (materi pembelajaran) juga bisa realtime. Begitu pula dengan komunikasinya, meskipun tidak secara langsung tatap muka, tapi forum diskusi bisa dilakukan secara online dan real time. System e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan lebih banyak waktu.


Beberapa manfaat dari pembelajaran elektronik atau e-learning, diantaranya adalah :


  1. Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
  2. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (interactivity enhancement).
  3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).













Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.